“ART MACHINE PRODUCTION” MENGANGKAT PRODUK ROMA BISKUIT KELAPA DARI PERUSAHAAN MAYORA UNTUK DIJADIKAN IKLAN
Ditujukan untuk memenuhi mata kuliah Periklanan
Nama : Gendra fachrurozi NPM :11080007321 | |
| |
| |
| |
| |
| |
| |
| |
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG
2010
Dalam lampiran ini kami menyampaikan beberapa bagian dari “Proposal Pengajuan Pembuatan Iklan”. Kami lampirkan cover dari proposal, company profile dari produk yang kami akan buatkan iklan, produk, serta konsep iklan dari produk yang telah kami pilih.
Kami memilih produk biscuit ROMA KELAPA dari MAYORA yang merupakan biscuit untuk camilan maupun sebagai pelengkap dari hidangan kesukaan orang Indonesia dalam beragam situasi, keadaan serta suasana hati. ROMA KELAPA dapat dinikmati dengan cara menyenangkan, ROMA KELAPA cocok dinikmati bersama teh, kopi maupun es krim. Semua anggota keluarga pasti menyukai ROMA BISKUIT KELAPA, karena kami semua menyukainya!!
· Company Profile
Mayora Indah
Mayora Indah | |
Tipe | |
Didirikan | |
Letak | |
Tokoh penting | Direktur Pelaksana Ongkie Tedjasurja Direktur Utama Gunawan Atmadja Komisaris Utama Jogi Hendra Atmadja |
Industri | Produk konsumen, industri makanan dan minuman olahan |
Produk | Biskuit, permen, wafer, coklat, sereal, kopi, mi instan |
Pendapatan | |
Laba operasional | 93,5 miliar IDR (-28.40%) (2005) |
Laba bersih | 45,7 miliar IDR (-46.27%) (2005) |
Karyawan | 5.300 orang |
Satu lagi dari... Mayora | |
PT Mayora Indah Tbk (IDX: MYOR) atau Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977. Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 Juli 1990. Saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Unita Branindo sebanyak 32,93%.
· Produk
Grup Mayora memproduksi beberapa lini produk, yakni:
- Biskuit: di antaranya, Roma dan Better
- Permen: Kopiko, Kis, Tamarin, Plonk ,dinamit.
- Wafer: Beng-Beng dan Astor
- Coklat: Choki-Choki dan Danisa
- Sereal: Energen dan Milkuit
- Kopi: Torabika
- Bubur : Super Bubur
- Mi instan: Mi Gelas dan Mi Duo
Sejak didirikan pada tahun 1977, PT Mayora Indah Tbk menjadi salah satu industri makanan yang penting bagi Indonesia . Sebagai hasilnya, terjadi pertumbuhan di bidang ekonomi dan merubah arah konsumsi social ke pola produk yang lebih praktis.
Untuk memenuhi permintaan pasar, PT Mayora Indah Tbk melakukan Go Public melalui Initial Public Offering (IPO) pada tahun 1990. Sebagai bukti kesuksesan, PT Mayora Indah Tbk memiliki beberapa pabrik seperti Tangerang, Bekasi danSurabaya yang mana memiliki 5,300 pekerja.
Untuk memenuhi permintaan pasar, PT Mayora Indah Tbk melakukan Go Public melalui Initial Public Offering (IPO) pada tahun 1990. Sebagai bukti kesuksesan, PT Mayora Indah Tbk memiliki beberapa pabrik seperti Tangerang, Bekasi dan
Didukung oleh jarring distribusi yang kuat, produk PT Mayora Indah Tbk tidak hanya ada di Indonesia namun juga dapat kita jumpai di Negara seberang lautan seperti Malaysia, Thailand, philiphines, Vietnam, Singapore, Hong Kong, Saudi Arabia, Australia, Africa, America dan Italy.
TENTANG PERUSAHAAN
Visi dan Misi
§ Untuk secara terus-menerus memperbaiki posisi bersaing kami di Industri ini.
§ Untuk membangun dan memperluas jaringan distribusi ke segala bidang dan kedepannya.
§ Untuk memberikan lingkungan bekerja yang menantang, menyenangkan dan keuangan yang kuat dengan kompetisi yang adil dan bertanggung jawab.
§ Untuk mensosialkan lingkungan secara bertanggung jawab.
§ Untuk mewujudkan nilai bagi pihak yang berkepentingan dengan menjamin pertumbuhan dan struktur keuangan yang kuat di industri.
· Place
1. Analisis S.W.O.T Produk
a. Menyusun Formulasi Strategi IFAS (S+W)
b. Menyusun Formulasi Strategi IFAS (O+T)
c. Menentukan Pilihan Strategi MATRIX PERUMUSAN 4 STRATEGI (SO, WO, ST, WT)
2. Target Pasar
a. Pengguna Produk/Jasa
Semua kalangan, terlebih produk ini diperuntukan untuk keluarga.
b. Profiles Pengguna Produk/Jasa
c. Tujuan Pemasaran
Tujuannya yaitu
d. Mix Strategy
§ Differentiaton
§ Positioning
§ Implementation
Segment | |
Product | Biscuit Roma Kelapa |
Pricing | |
Promotion | Progress always starts with a solid commitment. Mayora Indah Tbk. is committed to providing qualified Minority Business Enterprises with opportunities to compete for business with Mayora Indah Tbk. as a prime supplier or a second-tier supplier. We are steadily pursuing business relationships with more minority suppliers. |
Distribution | Our products are distributed to more than 150,000 retail outlets throughout Indonesia. In view of the size and geographic diversity of the Indonesian market, the Company has devoted substantial efforts to expanding its distribution network to cover all regions of the country. All sales of the products in Indonesia are channel with and coordinated through regional clusters which are located near its market. Here’s our distribution network |
Service | |
3. Pengembangan Strategy
§ Key Issues
§ Communications Goals & Objectives
§ IMC Strategy
· Konsep Iklan :
Digambarkan di depan sebuah warung terdapat sebuah saung dimana ada seorang pemuda, pemudi, anak kecil, dan orang tua sedang menikmati hari. Anak kecil yang tengah memakan ice cream di temani pemudi, orang tua yang sedang meminum kopi, dan pemuda yang tengah berdiam. Lalu si pemuda merasa ingin memakan camilan yang renyah dan menyehatkan dan kemudian mendatangi warung terdekat. Dengan santainya ia berkata, “Mba ROMA, Mba!!”
Si penjaga warung pun seolah mengerti dengan apa yang dikatakan si pemuda. Lalu dengan segera si penjaga warung mengmabil remote televise dan mengganti channel tv-nya ke pertunjukan Rhoma Irama. Si pemuda yang melihat itu terkejut seketika namun merasa geli. Karena yang ia maksud bukan ROMA itu. Lalu si pemuda berkata kembali kepada si penjaga warung, “ROMA Mba,ROMA!!!”. Si penjaga warung yang lagi-lagi seolah-olah mengerti apa yang si pemuda maksud, mengambil remote dan memindahkan channel tv-nya ke cuplikan pertandingan klub sepakbola Roma.
Si pemuda pun meras kesal tetapi teatp merasa geli karena si penjaga warung terus saja tidak mengerti apa yang ia maksud, dan kemudian kembali berkata, “Mba ROMA Mba, ROMA!!!”.
Pemudi yang tadi berada di saung menepuk pundak si pemuda (menandakan “tenang”), mengambil ROMA BISKUIT KELAPA dari dalam warung dan menjelaskan pada si penjaga warung bahwa ROMA BISKUIT KELAPA-lah yang si pemuda maksud. Si penjaga warung pun tersipu malu karena ia telah salah mengerti seiring ditunjukkannya ROMA BISKUIT KELAPA kepada si pemuda. n_n
PASTI ROMA KELAPA!!! Membuat hari Anda lebih berwarna.
“SELALU MENYENANGKAN DI SETIAP ROMA”